Saturday, January 16, 2010

Perbedaan Keyboard QWERTY dengan DVORAK

Apa sich Keyboard QWERTY ???
Apa sich Keyboard DVORAK ???
Mungkin sudah banyak yang mengetahui juga tentang pengertian dua hal ini, tetapi yang baru dan yang belum mengetahui tentang dua alat ini saya kasih tambahan wawasan baru dech tentang pengertian Keyboard QWERTY dan keyboard DVORAK.


yang membuat berbeda dari kerboard QWERTY dengan keyboard DVORAK adalah posisi letak huruf di keyboard tersebut. mungkin temen-temen bertanya-tanya mengapa posisi keyboard tidak di bikin urut saja "ABCDEFG....", itu ada alasan tersendiri yang akan saya jelaskan disini nantinya. makanya baca semua tulisan postingan ini, sangat bagus buat pembelajaran kita semua.

Konon Keyboard di ciptakan sejak tahun 1860 an oleh Sholes dan Dunsmore. pada awalnya mereka membuat keyboard dengan urutan abjad "ABCDEFG..". akhirnya lambat laun dengan seiringnya kecepatan mengetik menjadi lebih cepat dan perkembangan teknologi yang begitu pesat, maka alat tersebut nampak kelemahanya pada setiap tombol tertentu saja yang mengalami macet dan menghambat pekerjaan mereka.

Dengan pengalaman yang sudah ada dan melihat dari kelemahan tersebut maka di designlah keyboard baru dengan susunan abjad yang acak dan di persulit, yaitu sekitar tahun 1873 an. Design ini akhirnya dijual kepada Remington untuk di produksi masal pada tahun 1873. susunan keyboard tersebut terbagi dalam 4 baris, baris pertama "2345678", baris kedua "QWE.TYUIOP", baris ketiga "XDFHJKLM", baris ke empat "AX&VVBN?;R" susah kan ?


Seiring dengan perkembangan jaman maka munculah beberapa design yang lebh efisien dan mudah digunakan. salah satunya Keyoad DVORAK seperti pada gambar di samping. alat ini dinamakan Dvorak Simplified Keyboard (DSK) dibuat oleh August Dvorak 1936. design ini diklaim design yang lebih efisien, cepat, dan ergonomis.


QWERY sebenarnya lebih mempunyai banyak kelemahan yang membuat tangan kiri kita overload seperti pada gambar paling atas. sayangnya orang lebih bisa menerima design QWERTY dibanding design yang lebih efisien yaitu DVORAK. mungkin dah terlanjur lama sich menggunakan QWERTY lihat rentang waktunya antara 1873 sampai 1936 baru muncul design DVORAK, mungkin hal itu bisa dikatakandan "Sudah Gatok" dalam bahasa Jawanya..hehehehehe


penulis
rootdiesomec
sumber : (http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3152669)

No comments: